Sunday, January 15, 2012

NONI DAN ORI (Non Islam dan Orang Islam)



oleh: Dodi hamdani

            Setiap tanggal 25 Desember umat  Kristiani merayakan hari besar mereka di greja-greja besar di Indonesia. Umat kristiani lebih dilenal oleh kalangan umat Islam dengan sebutan NONI atau Non Islam, entah sejak kapan ketika mereka merayakan hari natal banyak pemandangan yang mungkin tidak seperti biasanya yaitu sejumlah aparat keamanan menjaga bahkan memeriksa dan meyisir sekitar tempat ibadah mereka. Kejadian ini kita temui semenjak adanya teror bom dari segelintir orang yang mungkin tidak rela denga kegiatan mereka.
            Lain halnya dengan umat Islam atau ORI atau Orang Islam yang merayakan hari besar mereka pada tanggal 1 syawal disetiap tahunnya, tidak ada satu aparat keamananpun yang menjaga apalagi menyisir sekitar tempat Ibadah mereka bahkan seluruh kalangan yang mengaku umat Islam dan tidak ada halangan, mereka menyempatkan untuk ikut melaksanakan ibadah sunah tersebut.
            Kenapa terjadi demikian? Pertanyaan yang sederhana namun memerlukan jawaban yang tidak dapat disingkat dengan satu atau dua kata. Beberapa alasan yang dapat dijadikan alasan atau jawaban dari pertanyaan tersebut:
Pertama; penduduk Indonesia mayoritas umat Islam
Kedua; munculnya teroris dengan ancaman yang jadi kenyataan
Ketiga; adanya warisan kebencian diantara dua golongan tersebut
            Dari fenomena di atas kita yang mengaku berbangsa satu yaitu bangsa Indonesia selayaknya menciptakan rasa aman minimal dalam diri kita sendiri umumnya memberikan rasa aman bagi sekeliling kita. Kita yakini bahwa tidak ada satu Agamapun yang mengajarkan saling membenci dan mengadakan permusuhan tanpa ada alasan yang jelas. Dan kita selaku umat yang mengaku satu tuhan yaitu Tuhan yang maha Esa selayaknya kita yang tengah menyandang predikat khalifah atau pengelola senantiasa memelihara dan menciptakan lingkungan yang aman nyaman dan sejahtera. Aamiin.


Bandung, 25 Desember 2008

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Themes | Free Song Lyrics, Cara Instal Theme Blog